Welcome to

Virtual Live Artwork

A Virtual Live and Video of CHORAL & FOLKDANCE

Ketentuan Umum

Untuk Juknis lomba yang lengkap anda dapat melihatnya dengan mendownload Handbook yang sudah kami siapkan dengan klik tombol download dibawah ini.

CHORAL

    1. COFF Virtual Live Artworks atau #coffvirtual20 adalah Festival yang diadakan secara virtual dengan sistem penilaian daring, diikuti oleh peserta yang merekam video penampilannya masing-masing secara langsung (live appearance) maupun rekaman (recorded).
    2. Tiap grup hanya menyanyikan 1 lagu dalam tiap 1 video, dan dapat mengirimkan hingga maksimal 7 buah rekaman video/lagu dalam tiap kategori yang diikuti.
    3. Grup harus mengirimkan 1 digital copy partitur dalam format PDF bersamaan dengan kiriman video, melalui email; virtualcoff@festive.id, dengan subject : Group – Judul Lagu – Kategori. (contoh; GITA SUARA – KEBUNKU – CHILDREN).
    4. Seluruh peserta bertanggungjawab atas penggunaan copyright dan penampilan lagu selama kompetisi berlangsung. Dilarang menggunakan aransemen yang tidak memiliki ijin (unauthorized/reproduced score).

FOLKDANCE

    1. COFF Virtual Live Artworks atau #coffvirtual20 adalah Festival yang diadakan secara virtual dengan sistem penilaian daring, diikuti oleh peserta yang merekam video penampilannya masing-masing secara langsung (live appearance).
    2. Tiap peserta boleh mengirimkan hingga maksimal 4 buah rekaman video/tarian dalam tiap kategori yang diikuti.
    3. Peserta menarikan salah satu tari kreasi tradisional nusantara yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia, dimana tarian yang ditampilkan adalah kreasi original (belum dipublikasikan secara komersil), dan belum pernah mendapatkan penghargaan pada lomba sebelumnya.
    4. Kostum harus sesuai dengan tema tarian, dan memenuhi kaidah kesopanan.
    5. Festival ini akan dinilai oleh para juri profesional. Tiap juri akan memberi nilai menggunakan skala nilai 100, berdasarkan kriteria berikut :
      1. Technique & Interpretation : Wiraga+Wirama
      2. Showmanship : Wirasa+Wirupa
      3. Overall Effect : Content+Achievement

BABAK DAN JADWAL

    1. #coffvirtual20 akan menggunakan sistem 2 babak; Preliminary dan Final.
    2. Tiap grup akan mengikuti pada babak Preliminary dan hanya grup yang mencapai minimum score 65 yang akan masuk ke babak Final
    3. Khusus babak final, unsur „like‟ pada video tayangan akan mendapat porsi sebagai nilai tambahan (point)
    4. Pendaftaran dibuka hingga 15 Agustus 2020, dengan mengirimkan video rekaman dan persyaratan lainnya.
    5. Babak Preliminary dilaksanakan pada 16-20 Agustus 2020, dilanjutkan pengumuman Final 20 Agustus 2020 jam 15.00 WIB.
    6. Final dilaksanakan pada 21-22 Agustus. Video para finalis akan mulai ditayangkan di channel YouTube Festive Indonesia secara bertahap. (penghitungan unsur ‘like’ akan ditutup pada 22 Agustus 2020 jam 24.00 WIB)
    7. Pengumuman seluruh hasil #coffvirtual20 akan ditayangkan secara LIVE di channel Instagram dan Youtube Festive Indonesia, 23 Agustus 2020 jam 20.00 WIB

PEMBUATAN VIDEO

    1. Peserta merekam penampilan mereka secara LIVE. Proses perekaman dapat dilakukan secara sederhana menggunakan kamera pada smartphone, tanpa proses editing pada bagian penampilan utama.
    2. Peserta harus memastikan bahwa segala proses yang terkait dengan partisipasi pada event ini haruslah memenuhi prosedur maupun protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah masing-masing.
    3. Panitia tidak bertanggungjawa pada resiko kesehatan yang mungkin terjadi akibat aktifitas peserta.
    4. Resolusi rekaman video adalah 480p: 854×480 atau 720p (HD): 1280×720 dengan rasio 16:9 dalam format MP4. (Pilihan resolusi ini terdapat pada setting kamera smartphone anda).

PENGIRIMAN VIDEO

    1. Pengiriman materi video melalui wetransfer (www.wetransfer.com).
    2. Upload file anda, dan centang pilihan „send email transfer‟.
    3. File video dikirimkan ke virtualcoff@festive.id
    4. Isilah body subject (judul email) dengan Nama Grup – Judul Lagu – Kategori (contoh; GITA SUARA – KEBUNKU – CHILDREN)
    5. Anda dapat melihat tutorialnya di link berikut : Tutorial Upload file melalui wetransfer.com by Rachmat Setiawan [KLIK DISINI]
    6. Jadwal pengiriman video selambatnya 15 Agustus 2020

PASKA PRODUKSI

    1. VIDEO ; peserta bebas menggunakan perangkat lunak apapun untuk proses penyuntingan video
    2. VIDEO & VLIVE ; penilaian/penjurian hanya murni pada bagian durasi penampilan inti/utama.
    3. VIDEO & VLIVE ; dilarang mencantumkan tulisan dan penambahan materi apapun dalam video (title, subtitle, trailers, spoken, etc) saat berlangsungnya durasi penampilan inti/utama.
    4. Penambahan materi – title, subtitle, trailers, spoken – hanya diperbolehkan diluar durasi penampilan inti/utama (tidak wajib).

HAK TAYANG & PUBLIKASI

    1. Video yang telah dikirimkan, adalah diperuntukan dan menjadi hak milik Festive Indonesia.
    2. Kami berhak memodifikasi tayangan visual yang diperlukan untuk keperluan penilaian maupun publikasi. Festive Indonesia juga berhak melakukan penyuntingan video maupun audio berkaitan keperluan publikasi, distribusi, dan promosi. Hal ini juga termasuk hak untuk menggunakan nama dan gambar grup dalam konteks keperluan yang disebutkan diatas.
    3. Festive Indonesia berhak mempublikasikan materi tersebut pada berbagai tayangan melalui media transmisi apapun, baik dibawah otoritas Festive Indonesia maupun pihak lainnya.
    4. Segala hak tayang dan publikasi atas rekaman video tersebut tidak terbatas waktu, tempat, media, cara transmisi, dan keperluan yang berkaitan dengan #coffvirtual20 maupun publikasi lain dibawah Festive Indonesia.
    5. Festive Indonesia tidak membayar apapun kepada grup, atas segala hak eksklusif yang disebutkan diatas.

SISTIM PENJURIAN COFF – C H O R A L

    1. COFF SYSTEM adalah formula inovatif dalam metode penjurian festival seni pertunjukkan. COFF merumuskan sistem nilai pada 3 bidang seni, yakni ; Paduan Suara, Orchestra/Marching Band, dan Folklore
    2. Ada 3 point utama yang menjadi concern COFF System ;
      1. WHAT
        1. Apa saja kriteria yang dinilai ?
        2. Berapa besar bobot/indeks masing-masing kriteria
      2. HOW
        1. Bagaimana mekanisme kerja penilaian ?
        2. Bagaimana mengantisipasi subjektifitas ?
Shopping Basket
Scroll Up